Jumat, 30 November 2012

Macam-macam Olahraga dan Manfaatnya



1.       Jogging
Ini adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan stamina. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging, semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan, banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :
·         Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
·         Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
·         Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
·          Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan.
·         Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
·          Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
·         Membuat tidur lebih nyenyak.
·         Menetralkan depresi.
Selain manfaat-manfaat di atas, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.
Sebelum jogging, lakukan peregangan terlebih dahulu. Dalam memulai jogging, sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan. Kalau sudah melakukan setengah rute, tingkatkanlah kecepatan berlari sesuai kemampuan. Jika rute cukup panjang, bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan. Setelah jogging pun peregangan harus dilakukan, yakni 3-4 menit setelah jogging berakhir. Dengan melakukan jogging dua kali sehari itu sudah cukup untuk meningkatkank kondisi dan daya tubuh anda.
2.       Aerobik
Aerobik ialah merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini. Semua orang dari segala usia berlatih aerobik. Dan kegiatannya tidak hanya dilakukan di pusat-pusat kebugaran saja, tapi fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati.
Latihan aerobik dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki, seperti bulu tangkis, jogging, berenang gaya krol ( bukan gaya kodok ), bersepeda aktif. Latihan ini dimulai dengan pemanasan selama 5 menit kemudian diikuti latihan pokok dengan mengukur maksimum detak jantung menuju pencapaian 200 dikurangi usia yang sedang berlatih per menit. Latihan ini dilakukan selama 20 menit, namun bila dilakukan setiap hari atau bila tidak ada waktu boleh dilakukan 3x30 menit per minggu.
Selain untuk kebugaran tubuh, manfaat latihan aerobik antara lain :
·         Meningkatkan daya tahan jantung
·          Meningkatkan daya tahan paru-paru
·          Menguatkan otot-otot tubuh
·          Kelenturan
·         Membakar kalori
Latihan aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel. Bagi lansia, latihan ini akan memperbaiki keadaan fisik mereka dan mencegah agar tidak pelupa.
3.       Renang
Renang adalah suatu olahraga yang mempunyai manfaat besar. Manfaat renang selain untuk kebugaran dan kesehatan fisik juga untuk menenangkan pikiran yang sedang gundah atau stress. Bagi mereka yang ingin membakar kalori sambil mendinginkan tubuh, renang adalah olahraga yang cocok untuk itu. Manfaat renang diantaranya menyehatkan jantung sama seperti kita melakukan jogging, manfaat renang juga berlaku bagi mereka yang menderita penyakit asma.
Manfaat renang bagi kesehatan tubuh antara lain:
·         Membantu mempertahankan tekanan darah dan kolestrol pada tubuh, juga menjaga detak jantung manusia agar terus berdetak normal.
·         Baik untuk kesehatan paru-paru dan menurunkan resiko stroke, serangan jantung, dan penyakit diabetes.
·         Menguatkan fleksibilitas sendi dan meningkatkan level olahraga fisik manusia. Dengan kata lain, manfaat renang adalah untuk membantu menurunkan berat badan bagi yang sedang melakukannya.
·         Meminimalisasi cedera dari latihan fisik. Jadi, kita bisa mencoba satu jenis olahraga yang menyenangkan tanpa harus memikirkan akan cedera atau tidak.
·         Membantu kekuatan otot dan kesehatan kardio vaskular manusia.
·         Penyembuhan untuk sakit punggung, nyeri sendi, tekanan darah tinggi, dan ketidaknyamanan yang sering dialami ketika sedang hamil.
·         Membantu proses pemulihan pasca operasi, khususnya memulihkan bagian otot tubuh yang kaku.
·         Mengembalikan pernapasan yang baik dan menstimulasi sirkulasi pernapasan.
·         Menenangkan pikiran.
  pikiran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar